Tingkat Pemahaman Arti Leksikal pada Leksem yang Berkonsep Abstrak dan Emosi oleh Penyandang Tunarungu

Authors

  • Alies Poetri Lintangsari Universitas Brawijaya
  • Wahyu Widodo Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2017.4.1.6

Keywords:

Leksem, Leksikal, Emosi, Tuli

Abstract

Mahasiswa Tunarungu menghadapi kesulitan penguasaan bahasa, khususnya memahami leksem yang berkonsep Abstrak dan Emosi. Hal ini dikarenakan tunarungu sangat mengandalkan referent (acuan) dalam memahami makna kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimanakah tingkat pemahaman tunarungu terhadap leksem yang berkonsep emosi dan abstrak, (2) Apakah latar belakang pendidikan mahasiswa tunarungu (SMA atau SMA LB) berperan dalam membentuk pemahaman arti abstrak dan emosi? Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan tes tertulis yang berisikan soal leksem berkonsep abstrak dan emosi dengan acuan dan tanpa acuan (gambar). Analisis dilakukan dengan mempertimbangkan dua hal, yaitu pemahaman tunarungu terhadap arti leksem dan ketepatan konteks penggunaan leksem dalam kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kata abstrak acuan tidak terlalu berpengaruh pada pemahaman tunarungu, sedangkan pada leksem emosi acuan berpengaruh dalam membantu tunarungu memahami makna leksem.

References

Johnston & Schembri. (2007). Australian Sign Language: An Introduction to Lingusitics. Cambridge University Press.

Kadarisman, A. Effendi. 2009. Mengurai Bahasa, Menyibak Budaya. Malang: UIN Maliki Press.

Lintangsari, Alies Poetri. (2014). Identifikasi Kebutuhan Mahasiswa Tuli dalam Pembelajaran Bahasa Tulis. Indonesian Journal of Disability Studies. PSLD Universitas Brawijaya.

Soenjono, Dardjowidjojo.2009. Psikolinguistik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Subroto, Edi.2002.â€Ihwal Relasi Makna: Beberapa Kasus dalam Bahasa Indonesia†dalam Telaah Bahasa dan Sastra. Jakarta:Yayasan Obor dan Pusat Bahasa.

Subroto, Edi. 2011. Pengantar Studi Semantik. Surakarta : CakrawalaMedia

Suwiryo, Adhika Irlang. (2014). Mouth Gesture pada Bahasa Isyarat Jakarta dan Bahasa Isyarat Yogyakarta: Studi Awal. Prosiding Seminar Internasional Semantik, Pragmatik, dan Kebudayaan. Lembaga Riset Bahasa Isyarat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Universitas Indonesia

Woodward, James. (2014). Some Universal and Unique Characteristics of Human Languages from the perspective of Sign Linguistics. Tayangan powerpoint dipresentasikan pada Seminar Internasional Semiotik, Pragmatik, dan Kebudayaan. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Downloads

Published

09-06-2017

How to Cite

Lintangsari, A. P., & Widodo, W. (2017). Tingkat Pemahaman Arti Leksikal pada Leksem yang Berkonsep Abstrak dan Emosi oleh Penyandang Tunarungu. Indonesian Journal of Disability Studies, 4(1), 35–44. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2017.4.1.6

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.