ESKALASI USAHA KONVEKSI KAOS DAN SERAGAM KERJA MELALUI STRATEGI KUALITAS PRODUK , LAYANAN KONSUMEN DAN PERLUASAN JARINGAN PEMASARAN MELALUI E-COMMERCE PADA WIRAUSAHA FORUM DIFABEL MALANG RAYA (FORDIMARA) DI KOTA MALANG RAYA

Ari Pratiwi, Edy Santoso, Fatmawati Fatmawati

Abstract


Eskalasi atau peningkatan usaha konveksi kaos dan seragam kerja sangat penting dilakukan dengan strategi peningkatan kualitas produk, layanan konsumen dan perluasan jaringan pemasaran mengingat persaingan yang ketat di usaha konveksi, apalagi usaha ini dilakukan oleh para penyandang disabilitas yang sampai saat ini mengalami stigma miring terhadap keberadaan dan kemampuan mereka. Dalam pengabdian pada masyarakat IbM ini, kualitas produk dapat meningkat melalui pelatihan desain kaos. Layanan terhadap pelanggan dapat meningkat melalui pelatihan layanan. Untuk menjangkau semua segmen pasar, wirausaha difabel mempunyai keterbatasan mobilitas, sehingga yang sangat dipentingkan adalah strategi perluasan jaringan pemasaran tanpa mobilitas, yaitu menggunakan e-comerce. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terdapat peningkatan dari segi pengetahuan mitra dalam membuat desain kaos, layanan konsumen dan e-commerce. Keterampilan mitra juga meningkat dalam menggunakan laptop, printer, mesin jahit dan mesin bordir serta terdapat peningkatan omzet atau pendapatan mitra pengabdian setelah mengikuti kegiatan ini.

 

Kata Kunci: desain gambar, E-commerce, layanan konsumen, difabel

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.