Identifikasi Kebutuhan Mahasiswa Tuli Dalam Pembelajaran Bahasa Tulis
Published
19-08-2014
Alies Poetri Lintangsari
Alies Poetri Lintangsari
Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD), Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia
Abstract
Dalam perkuliahan, pemahaman akan penggunaan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasailmiah sangatlah penting mengingat hampir semua tugas mahasiswa adalah menulis karya tulis ilmiah.Dalam pembelajaran bahasa tulis, mahasiswa Tuli mengalami beberapa kendala, salah satunya adalahmemahami konsep bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa ilmiah seperti tata bahasa, penggunaan katasambung, word order, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhanmahasiswa Tuli dalam mempelajari bahasa tulis untuk menunjang proses pembelajaran bahasa denganmelibatkan konsep disability awareness dan memandang ketulian tidak dari sudut pandang klinis melainkandari sudut pandang sosial.
PDF