Partisipasi Politik Difabel di Dua Kota

Authors

  • Rachmat Gustomy Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2017.4.1.8

Abstract

Partisipasi politik bukan hanya soal pemilu (turn out voter), namun pengertian lebih luas sebagai keterlibatan dalam perubahan kebijakan. Penelitian ini ditujukan untuk menemukan peta partisipasi politik kelompok difabel dalam 5 bentuk; pemilu, organisasi, contacting, lobby dan violance. Tujuan dari penelitian ini adalah memetakan pola partisipasi kelompok difabel agar nantinya dapat digunakan basis penguatan kapasitas untuk pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan survei di 2 kota di Jawa Timur, yaitu di Kota Malang dan Kota Mojokerto. Survei dilakukan dengan mengambil sampling 56 responden di semua kota. Dari Penelitian ini disimpulkan ada berbedaan antara kesadaran dan tindakan dalam partisipasi politik kelompok difabel. Selain itu partisipasi politik kelompok difabel masih sangat terbatas sehingga tidak mampu mempengaruhi kebijakan publik.

References

Afan Gaffar, Menampung Partisipasi Politik Rakyat, JSP Vol.1 Nomor 1, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, UGM, Yogyakarta, 1997.

Lisa Schur, Douglas Kruse and Peter Blanck, 2013,People with Disabilities: Sidelined or Mainstreamed?, Cambridge University Press, New York.

Lisa Schur, Toward Inclusion, Political and Social participation of people with disabilities, dalam Routledge Handbook of Disability Law and Human Rights, Peter Blanck, Eilionóir Flynn, Roudledge, 2017.

Riddle, C. A. Disability & Justice: The Capabilities Approach in Practice. Lanham: Lexington Books/Rowman & Littlefield, 2014

Samuel P Huntington dan Joan M Nelson, No Easy Choice, Political Participation in Developing Countries, Cambridge, Mass, Harvard University Press, 1976.

Shakespeare, Tom. Disability Rights and Wrongs. New York: Routledge, 2006.

Shaminder K. Dhillon, Absent Citizens: Disability Politics and Policy in Canada, University of Toronto Press, 2009.

The Asia Foundation, Survei dasar terhadap pemahaman, persepsi dan praktik pemilih terkait dengan aspek pemili di enam target propinsi, Jakarta, 2013.

Downloads

Published

09-06-2017

How to Cite

Gustomy, R. (2017). Partisipasi Politik Difabel di Dua Kota. Indonesian Journal of Disability Studies, 4(1), 51–62. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2017.4.1.8

Issue

Section

Articles